Senin, 04 Januari 2010

Menyingkap Misteri di Balik Gradien Garis Singgung

JUDUL
Menyingkap Misteri di Balik Gradien Garis Singgung.

SASARAN
Multimedia ditujukan untuk siswa kelas XI semester 2 untuk topik bahasan turunan fungsi.

LATAR BELAKANG
Sesuai dengan judulnya, multimedia yang akan dibuat ini membahas mengenai gradient garis singgung. Apa itu garis singgung kurva? Banyak siswa, mahasiswa, bahkan guru matematika beranggapan bahwa garis singgung adalah garis yang memotong kurva tepat di satu titik. Walaupun ini adalah pengertian garis singgung menurut Euclid, tidak berarti benar (seorang matematikawan sekaliber Euclid saja bisa salah). Ini adalah kesalahan dari hal kecil yang dapat berakibat fatal. Sebagaimana kita pejalari sewaktu SMA, bahwasanya gradient garis singgung suatu kurva di titik tertentu adalah turunan pertama fungsi kurva yang bersangkutan di titik tersebut. Banyak, jika tidak ingin disebut semua, siswa SMA waktu itu langsung menerimanya tanpa memahami konsepnya lebih mendalam. Akibatnya, ketika diberi modifikasi soal yang berbeda dengan konsep yang sama, banyak, (lagi-lagi) jika tidak ingin disebut semua, siswa mengalami kesulitan. Karena itu, diharapkan multimedia pembelajaran interaktif berbasis macromedia flash ini dapat meluruskan kesalahan di atas.
Sasaran program ini adalah siswa SMA kelas XI semester 2, dikarenakan dalam struktur kurikulum (KTSP) materi mengenai turunan diberikan pada kelas XI semester 2. Namun tidak menutup kemungkinan program ini bermanfaat untuk siswa SMA kelas XII, mahasiswa, ataupun para peminat matematika pada umumnya.


TUJUAN
Tujuan pembuatan multimedia pembelajaran interaktif ini adalah :
  1. Meluruskan anggapan yang salah mengenai garis singgung kurva.
  2. Memberikan pemahaman bahwa gradient garis singgung suatu kurva di titik tertentu adalah turunan pertama fungsi kurva yang bersangkutan di titik tersebut
  3. Memenuhi salah satu tugas UAS mata kuliah multimedia pembelajaran matematika.


STORYBOARD
Storyboard untuk multimedia ini dapat di download disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar